HPA – Solusi Dekolorisasi Pabrik Gula Rafinasi Tanpa Resin (IER) dan Ramah Lingkungan

Secara garis besar, terdapat beberapa pilihan tahapan proses dan tahapan penurunan warna gula mentah yang diproses di pabrik gula rafinasi hingga diperoleh warna gula produk standar gula rafinasi (ICUMSA < 80) dapat dirangkum sebagai berikut:

Pilihan Teknologi Proses Pabrik Gula Rafinasi

Umumnya saat ini pabrik gula rafinasi di Indonesia masih menggunakan IER (Ion Exchange Resin) sebagai unit dekolorisasi hingga diperoleh warna gula rafinasi (ICUMSA < 80), sehingga kebanyakan masih terkendala dengan penanganan limbah cair yang dihasilkan dari proses regenerasi resin yang pada akhirnya berakibat pada kerugian finansial. Pada umumnya pabrik gula rafinasi dengan IER akan membutuhkan air untuk kebutuhan proses sebanyak 1-1,5 m3 per ton gula mentah atau raw sugar (RS) dilebur, bila menggunakan HPA, konsumsi air proses dapat ditekan hingga dibawah 0,5 m3 per ton gula mentah dilebur. Dengan menggunakan teknologi HPA (High Performance Adsorbent) yang termasuk dalam golongan PAC (Powdered Activated Carbon) sebagai pengganti IER (Ion Exchange Resin) maka permasalahan penanganan limbah cair tersebut tidak akan terjadi lagi karena teknologi HPA menggunakan padatan berbasis karbon sebagai media untuk menyerap warna yang ada di dalam larutan gula tanpa perlu regenerasi atau sekali pakai.

Dengan menggunakan teknologi HPA (High Performance Adsorbent) sebagai pengganti IER (Ion Exchange Resin) maka permasalahan penanganan limbah cair tersebut tidak akan terjadi lagi karena teknologi HPA menggunakan padatan berbasis karbon sebagai media untuk menyerap zat warna yang ada di dalam larutan gula tanpa perlu regenerasi atau sekali pakai.

HPA adalah adsorben berkinerja tinggi berbasis karbon yang sudah dipatenkan dan dirancang khusus untuk dekolorisasi dalam proses pemurnian larutan gula yang lebih baik sebagai alternatif dari penggunaan IER (Ion Exchange Resin) maupun produk berbasis karbon sejenis seperti GAC (Granulated Activated Carbon). HPA adalah termasuk dalam golongan PAC (Powdered Activated Carbon) namun kemampuan adsorbsinya yang sudah ditingkatkan sehingga kemampuan dekolorisasinya menjadi lebih baik.

Aplikasi HPA sebagai zat aditif ke dalam proses adalah dalam bentuk bubuk yang dicampur dengan air sehingga menjadi bubur (slurry) yang kemudian ditambahkan dalam larutan gula hasil pemurnian leburan gula mentah di pabrik gula rafinasi (refinery) baik dengan proses karbonatasi maupun fosfatasi.

Aplikasi HPA pada Pabrik Gula Rafinasi DRK
Aplikasi HPA pada Pabrik Gula Rafinasi DRP

Untuk melihat efek lingkungan dari teknologi dekolorisasi antara IER dan HPA di pabrik gula rafinasi, berikut adalah gambaran perbandingan aliran bahan (mass balance) proses dekolorisasinya untuk kapasitas olah gula mentah (raw sugar) sebesar 2000 TPD (ton per day):

Mass Balance dekolorisasi menggunakan IER pada kapasitas olah 2000 TPD RS
Mass Balance dekolorisasi menggunakan HPA pada kapasitas olah 2000 TPD RS

Bila dibandingkan, jumlah limbah dihasilkan persen jumlah gula produk rafinasi dihasilkan dari teknologi dekolorisasi dengan IER dan HPA adalah sebagai berikut:

Berikut adalah perbandingan antara teknologi IER dengan PAC (HPA) pada beberapa parameter utama dalam proses produksi gula rafinasi:

Dengan berbagai keunggulan tersebut, teknologi HPA merupakan teknologi aplikatif yang bersifat ramah lingkungan untuk pabrik gula rafinasi. Selain itu teknologi HPA juga dapat menurunkan biaya operasional dari pabrik gula rafinasi. Potensi penurunan biaya operasi system dekolorisasi menggunakan HPA adalah hingga 1 USD/MT gula mentah diolah atau sekitar 30% lebih rendah apabila dibandingkan dengan system dekolorisasi menggunakan IER (resin).

Teknologi HPA ini dikembangkan oleh CSI (Carbo Solution International). Ingin tahu lebih jauh atau menerapkan teknologi HPA? silahkan hubungi kami disini atau melalui icon yang terletak di kanan bawah halaman ini.

Share this article:
Loading

SENDING

Your message was sent successful. Thanks.

REFRESH

Don't wait until tomorrow. Talk to one of our consultants today and learn how to start leveraging your business.

Kami membutuhkan beberapa informasi penting untuk lebih memahami bagaimana kami dapat membantu Anda dengan cara terbaik.

Tell us a little about the project you need to create. This is valuable so that we can direct you to the ideal team.

  • Identitas Anda
  • Perkiraan Budget
  • Service Setup
error: Alert: Content is protected !!