Pabrik Gula Berbasis Tebu Standar

Standar, atau lengkapnya standar teknis, adalah suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa atau teknis yang seragam. Suatu standar dapat pula berupa suatu artefak atau perangkat formal lain yang digunakan untuk kalibrasi. Suatu standar primer biasanya berada dalam yurisdiksi suatu badan standardisasi nasional. Standar sekunder, tersier, cek, serta bahan standar biasanya digunakan sebagai rujukan dalam sistem metrologi. Suatu kebiasaan, konvensi, produk perusahaan, atau standar perusahaan yang telah diterima umum dan bersifat dominan sering disebut sebagai “standar de facto“. (Wikipedia.org)

Berdasarkan definisi kata “standar” tersebut bila ingin menilai suatu pabrik gula (PG) itu standar atau belum hingga saat ini juga belum ada referensi PG standar itu yang seperti apa? bagaimana? Parameternya apa? Umumnya ukuran standar yang digunakan adalah kembali ke standar operasional atau SOP (Standard Operating Procedure) pada masing-masing tahapan proses pabrikasi gula mulai dari proses budidaya tanaman tebu (pemilihan lahan, pemilihan varietas, penyediaan bibit, pemupukan dll), proses tebang, muat dan angkut, proses pengolahan di pabrik mulai dari stasiun gilingan, pemurnian, penguapan, masakan hingga penyimpanan gula produk.

Gambaran Sistim Pabrik Gula dari Tebu

Berdasarkan hasil perhitungan simulasi dan fakta dilapangan bahwa pabrik gula berbasis tebu seharusnya “energy self-sufficient” yang berarti bahwa kebutuhan energi untuk mengolah bahan baku tebu menjadi produk gula dapat dicukupi dari bahan baku tebu itu sendiri, dimana hal inilah yang menjadi ciri khas dari industri gula berbasis tebu. Jadi kebutuhan energi (uap dan listrik) pabrik gula berbasis tebu memang sudah seharusnya dapat dicukupi dari bahan baku tebu sendiri yang berupa ampas tebu sebagai bahan bakar utama stasiun pembangkit uap (boiler), bahkan bila efisiensi pemakaian energi di pabrik gula tinggi maka ampas dihasilkan dapat berlebih meskipun sudah digunakan untuk mencukupi kebutuhan energi (uap dan listrik) dalam operasional.

Kelebihan ampas tebu pabrik gula di negara-negara yang sudah swasembada gula yang berarti industri gulanya sudah maju seperti di Thailand, India dan Brazil umumnya dikonversi ke listrik dan dijual ke jaringan listrik negara (cogen) sehingga menjadi pendapatan tambahan bagi pabrik gula. Bahkan isu terkini di India dan Thailand sebagai negara produsen gula tebu yang sudah maju bahwa pabrik gula mereka adalah pabrik pembangkit listrik dimana keuntungan dari menjual listrik mereka bisa lebih tinggi dari keuntungan memproduksi gula karena disana juga harga tebu dan gula produk juga ditentukan oleh pemerintah sehingga margin keuntungan dari penjualan gula curah mereka relatif kecil, sehingga untuk mendongkrak pendapatan mereka selain melakukan diversifikasi produk gula dalam bentuk gula retail (kristal, cair, brown dll) juga dengan jual listrik hingga etanol sebagai produk samping.

Rata-rata jumlah listrik yang dapat dijual ke jaringan listrik nasional di negara Thailand adalah sudah sekitar 14,5 kWh/tc (ton cane) untuk pabrik gula rata-rata, sedangkan untuk pabrik gula modern dapat mencapai 70 kWh/tc di Thailand dan 158 kWh/tc di Brazil. Perkiraan surplus listrik dari seluruh pabrik gula di Thailand yang dapat dijual ke jaringan listrik Negara dapat mencapai 240 MW pada tahun 2004.

Dengan demikian menurut hemat kami, salah satu parameter pabrik gula berbasis tebu yang standar (ideal) adalah minimal pabrik gula tersebut sudah “energy self-sufficient atau mandiri energi dimana pabrik gula tersebut sudah tidak lagi membeli bahan bakar tambahan dan membeli listrik dari dari luar bahkan seharusnya bisa menjual bahan bakar berupa ampas (pellet ampas) atau menjualnya dalam bentuk listrik minimal pada waktu musim giling tebu sebagai pendapatan tambahan proses giling tebu.


Diskusi topik ini dapat dilakukan disini: Facebook / Linkedin / Twitter / Tumblr

Share this article:
Loading

SENDING

Your message was sent successful. Thanks.

REFRESH

Don't wait until tomorrow. Talk to one of our consultants today and learn how to start leveraging your business.

Kami membutuhkan beberapa informasi penting untuk lebih memahami bagaimana kami dapat membantu Anda dengan cara terbaik.

Tell us a little about the project you need to create. This is valuable so that we can direct you to the ideal team.

  • Identitas Anda
  • Perkiraan Budget
  • Service Setup
error: Alert: Content is protected !!