Komponen dan Komposisi Tebu

Tebu pada dasarnya adalah kombinasi jus (nira) dan serat (fiber). Jus (nira) adalah cairan larutan sukrosa dan zat organik maupun  anorganik lainnya. Serat (fiber) didefinisikan sebagai semua bahan yang tidak larut dalam tebu mencakup kotoran, tanah atau bahan asing lainnya, serta serat batang tebu. Analisis paling dasar mengenai tebu yaitu dimana tebu terdiri dari air, padatan terlarut atau refractometric dry substance (RDS) dan serat (fiber). RDS umumnya diukur dengan menggunakan refractometer dan umumnya disebut dengan Brix atau dalam % brix.

Salah satu contoh alat pengukuran kadar brix dalam tebu dan prinsip kerjanya

Secara umum kandungan jenis gula dalam tebu beranekaragam namun dapat disederhanakan menjadi 3 jenis gula yang utama yaitu sukrosa yang tergolong dalam polisakarida, kemudian fruktosa dan glukosa yang tergolong dalam monosakarida. Sukrosa dapat rusak/pecah atau terinversi menjadi fruktosa dan glukosa. Adapun penyebutan kandungan gula dalam tebu yang dimaksud adalah kandungan sukrosa, karena hanya sukrosa yang dapat dikristalkan sehingga menjadi gula kristal yang ada di meja makan kita.

Kadar atau kandungan sukrosa/gula dalam tebu/nira umumnya diukur menggunakan polarimeter meskipun tidak sepenuhnya akurat, karena lebih rendah dari pada kandungan sukrosa/gula sebenarnya. Analisis yang akurat untuk kandungan sukrosa/gula dapat diperoleh dengan metode kromatografi. Kadar sukrosa/gula dalam nira pada umumnya disebut dengan polarisasi atau pol, yang mengindikasikan metode pengukurannya. Kemurnian sukrosa/gula yang disebut dengan Harkat Kemurnian (HK) atau purity dalam nira yaitu rasio antara kadar sukrosa/gula (pol) terhadap bahan terlarut total (brix) yang dinyatakan dalam persentase.

Salah satu contoh alat pengukuran kaar pol dalam tebu dan prinsip kerjanya

Secara garis besar komponen dan komposisi masing-masing komponen utama dari tanaman tebu dapat digambarkan sebagai berikut :

Komposisi dan Struktur Komponen Tebu

Berdasarkan gambaran komposisi sesuai angka pada gambar diatas maka dapat diketahui bahwa :

Untuk tiap 100 ton tebu, akan terdiri dari:

  • 86 ton nira
  • 14 ton serat atau fiber

Dari 86 ton nira, terdiri dari:

  • 71 ton air
  • 15 ton brix

Dari 15 ton brix, terdiri dari:

  • 13 ton sukrosa / gula / pol
  • 2 ton non-sukrosa / bukan gula

Berdasarkan gambaran komposisi diatas juga dapat diketahui bahwa kandungan gula/sukrosa dalam tebu atau potensi kristal gula dalam tebu dapat mencapai 13 % (13 ton tiap 100 ton tebu) atau umumnya yang disebut dengan rendemen. Namun demikian meskipun potensi rendemen tertinggi dari tebu dapat mencapai 13 % atau bahkan 14 % akan tetapi hal ini tidak mungkin dicapai karena dalam pengambilan gula/sukrosa dari tebu hingga diperoleh gula kristal putih di pabrik tentunya akan terdapat kehilangan gula/sukrosa mulai dari tebu di tebang, diangkut ke pabrik hingga dalam proses pabrikasi di pabrik gula. Adapun perkiraan kehilangan (losses) gula/sukrosa atau pol dalam prosen berat pol dari total berat pol (ton pol) dalam tebu hingga diperoleh gula kristal di pabrik gula, sebagai acuan umum adalah sebagai berikut:

Dengan demikian apabila kandungan sukrosa/gula atau pol dalam tebu (pol in cane) sebesar 13 %, bila kehilangan sukrosa/gula atau pol di pabrik adalah sebesar 2 %, maka potensi rendemen yang dapat diharapkan adalah 11 %. Adapun jumlah pol dalam tebu dapat dihitung dari penjumlahan antara pol dalam nira mentah (raw/mixed juice) ditambah dengan pol dalam ampas (bagasse) di stasiun gilingan pabrik gula. Perhitungan perkiraan rendemen diatas mengacu pada metode pengawasan produksi gula dari tebu yang digunakan oleh ISSCT (International Society of Sugar Cane Technologists).


Diskusi topik ini dapat dilakukan disini: Facebook / Linkedin / Twitter / Tumblr

Share this article:
Loading

SENDING

Your message was sent successful. Thanks.

REFRESH

Don't wait until tomorrow. Talk to one of our consultants today and learn how to start leveraging your business.

Kami membutuhkan beberapa informasi penting untuk lebih memahami bagaimana kami dapat membantu Anda dengan cara terbaik.

Tell us a little about the project you need to create. This is valuable so that we can direct you to the ideal team.

  • Identitas Anda
  • Perkiraan Budget
  • Service Setup
error: Alert: Content is protected !!