Kebutuhan Luas Lahan Kebun Tebu Pabrik Gula Berbasis Tebu

Pabrik gula berbasis tebu mengolah batang tebu untuk memproduksi gula dalam bentuk Kristal atau pasir. Tebu yang diolah diperoleh dari kebun tebu baik berupa kebun tebu milik pabrik gula sendiri yang biasa disebut dengan TS (tebu sendiri) atau kebun tebu milik petani yang biasa disebut TR (tebu rakyat). Kepemilikan lahan kebun TS dapat berupa lahan murni milik pabrik/perusahaan atau lahan yang disewa oleh pabrik. Bergitu juga jenis lahan kebun TR juga dapat berupa lahan murni milik petani atau lahan yang disewa oleh petani. Kemudian dalam prakteknya pengelolaan kebun tebu apakah milik pabrik maupun petani juga terdapat beberapa jenis kerjasama berdasarkan pembiayaannya.

Precision Sugarcane Agriculture (img: gamaya blog)

Kecukupan bahan baku tebu merupakan faktor yang sangat penting bagi pabrik gula terutama terkait dengan pencapaian suplai tebu sesuai dengan kapasitas giling pabriknya, jumlah tebu yang akan digiling pada saat musim giling harus direncanakan dengan matang sesuai dengan kapasitas pabrik dan target pencapaian jumlah tebu yang nantinya akan menentukan berapa jumlah hari giling. Pencapaian kapasitas giling pabrik yang konsisten sesuai dengan kapasitas desain pabrik merupakan faktor utama pencapaian performa pabrik yang sangat mempengaruhi pencapaian rendemen pabrik gula.

Luas lahan kebun tebu yang dibutuhkan suatu pabrik gula (PG) adalah faktor dari kapasitas pabrik, jumlah hari giling (target pencapaian jumlah tebu satu musim giling) dan produktivitas tanaman tebu (ton tebu/ha) di lahan. Misalkan:

  • Kapasitas PG : 4000 TCD (Ton Cane per Day)
  • Target tebu di giling : 600.000 Ton Tebu (satu musim giling tahun X)
  • Jumlah hari giling : 150 hari (= 600.000 Ton Tebu / 4000 TCD)
  • Produktivitas kebun : 70 Ton Tebu/Ha (rata-rata dari seluruh kebun)
  • Luas lahan dibutuhkan : ± 8600 Ha (= 600.000 Ton Tebu / 70 ton tebu/Ha)

Dari contoh perhitungan diatas dapat diketahui bahwa PG dengan kapasitas 4000 TCD dengan target tebu digiling 600.000 ton tebu (satu musim giling tahun X) dengan produktivitas kebun adalah 70 ton tebu/ha (rata-rata dari seluruh kebun) akan membutuhkan luas lahan kebun tebu ± 8600 Ha. Jumlah hari giling yang dibutuhakan tergantung dari target jumlah tebu dan kapasitas pabrik, namun juga perlu dipertimbangkan terkait dengan iklim di wilayah PG tersebut apakah hari giling 150 hari memungkinkan dilakukan karena pada umumnya pertimbangan jumlah hari giliing dibatasi dengan datangnya musim hujan, artinya musim giling suatu PG direncanakan dilakukan pada musim panas/kering dan diakhiri seiring masuknya ke musim penghujan.

Sebagai gambaran keterkaitan antara kapasitas PG, jumlah hari dan tebu giling, produktivitas lahan kebun tebu dengan kebutuhan lahan dapat diliihat pada tabel berikut:

Sehingga dengan demikian perencanaan kebutuhan lahan kebun tebu perlu mempertimbangkan minimal beberapa hal berikut:

  • Lama masa giling atau jumlah hari giling, karena berkaitan dengan lama musim kering/panas dan musim hujan di wilayah kerja dan target tebu digiling.
  • Target tebu digiling dalam satu musim giling, karena berkaitan dengan target pendapatan dari gula sebagai pendapatan perusahaan.
  • Kapasitas giling yang akan dijalankan atau yang akan ditetapkan untuk PG baru, karena berkaitan dengan ketersediaan bahan baku tebu, hari giling dan rencana pendapatan dari gula.
  • Produktivitas lahan kebun (Ton Tebu/Ha) rata-rata yang realistis dapat dicapai, karena berkaitan dengan perencanaan bibit dan metode budidaya tanaman yang diperlukan.

Diskusi topik ini dapat dilakukan disini: Facebook / Linkedin / Twitter / Tumblr

Anda bisa melakukan simulasi kebutuhan lahan tebu sendiri dengan mengunjungi halaman ini (klik link)

Share this article:
Loading

SENDING

Your message was sent successful. Thanks.

Don't wait until tomorrow. Talk to one of our consultants today and learn how to start leveraging your business.

Kami membutuhkan beberapa informasi penting untuk lebih memahami bagaimana kami dapat membantu Anda dengan cara terbaik.

Tell us a little about the project you need to create. This is valuable so that we can direct you to the ideal team.

  • Identitas Anda
  • Perkiraan Budget
  • Service Setup
error: Alert: Content is protected !!