CVP (Continuous Vacuum Pan) – Salah Satu Langkah Peningkatan Kualitas Gula dan Efisiensi Energi di Pabrik Gula

CVP (Continuous Vacuum Pan) adalah tipe pan masak yang beroperasi secara kontinyu dalam proses masak nira tebu yang sudah kental sehingga diperoleh kristal gula. CVP merupakan alternatif dari penggunaan pan masak jenis batch yang sudah umum digunakan sebelumnya. Paten untuk CVP pertamakali diberikan pada tahun 1932 kepada perusahaan Werkspoor, namun baru sejak akhir 1970-an CVP umum digunakan. Kemudahan pengoperasian merupakan keunggulan dari CVP yang menyebabkan CVP mudah diterima untuk digunakan pada masakan low grade dan kemudian berkembang hingga digunakan untuk masakan high grade. Ciri utama CVP adalah dapat bekerja pada perbedaan suhu yang lebih rendah antara suhu steam pemanas di kalandria dan suhu masakan namun sirkulasi tetap terjaga dengan baik secara konveksi alami.

CVP dikembangkan untuk menggantikan pan diskontinu (batch) yang secara umum masih banyak digunakan. CVP memiliki beberapa keunggulan antara lain :

  • Operasi masak yang kontinyu sehingga menghasilkan produk gula yang lebih baik.
  • CVP dapat bekerja pada tekanan uap yang sangat rendah karena rendahnya ketinggian masakan di atas kalandria, dan atau adanya agitasi masakan.
  • Loses gula lebih rendah karena dapat beroperasi pada suhu masak yang lebih rendah.
  • Lebih efisien energi karena konsumsi uap constant dan kebutuhan air yang kecil, berbeda dengan pan batch yang membutuhkan uap lebih banyak pada saat mulai masak dan membutuhkan air untuk pencucian.
  • Tidak perlu lagi ada proses steaming seperti yang terjadi pada pan batch setiap habis masak untuk melarutkan sisa gula sehingga terjadi kehilangan panas/steam cukup banyak.
  • Otomatisasi total dimungkinkan dilakukan sehingga memudahkan operasional pabrik.
  • Ruang yang ditempati jauh lebih sedikit, pertama karena volume alat yang digunakan jauh lebih sedikit dibandingkan kapasitas pan batch yang sama, dan juga karena operasi kontinu tanpa interupsi akan memiliki kapasitas yang lebih banyak dibandingkan pan batch.
  • Penghematan tenaga kerja: CVP dapat dioperasikan hanya oleh satu orang untuk menjalankan satu tahap masakan (umumnya C atau D) yang biasanya membutuhkan 3-4 pan batch tergantung volumenya masing-masing pan batch yang digunakan.
  • Pengurangan jumlah pan masak (menghemat uap pemanas): pabrik bisa beroperasi hanya dengan 3 pan kontinyu dan satu pan untuk pembibitan.
  • Secara keseluruhan investasi dapat lebih rendah: struktur pendukung lebih ringan, pompa vakum yang besar untuk kondensor mungkin tidak diperlukan lagi.
  • Biaya perawatan berkurang.
  • Memungkinkan untuk memasak dengan sasaran akhir brix yang lebih tinggi.

CVP Horisontal dari Tongaat Hullet

CVP yang di desain oleh perusahaan Tongaat Hulett dari Afrika Selatan, merupakan CVP berkualitas dan terkemuka di dunia serta tergolong hemat biaya di kelasnya. Desain CVP Tongaat Hulett menggabungkan antara kalandria pipa vertikal untuk perpindahan panas dan mengalirnya masakan secara efisien, port transfer masakan antar kompartemen yang dipatenkan yang menjadikan aliran merata (plug flow) dan pengaturan keluaran produk yang fleksibel.

CVP Horizontal Tongaat Hullet

CVP Tongaat Hulett merupakan CVP dengan desain head rendah dengan karakteristik sirkulasi alami yang sangat baik sehingga menghemat konsumsi power dan menghemat biaya konstruksi karena tidak memerlukan pengaduk untuk sirkulasi dan didesain tidak memerlukan receiver masakan. Fitur ini memungkinkan untuk dioperasikan dengan efisien pada viskositas masakan (massecuite) yang tinggi dan kemampuan transfer panas yang baik membuatnya dapat dioperasikan dengan menggunakan uap pemanas dengan tekanan yang lebih rendah dibandingkan bila menggunakan pan masak tipe batch. CVP Tongaat Hulett didesain sederhana namun kuat dan dapat dilengkapi dengan control otomatis dari level rendah (basic) hingga level tinggi (sophisticated) sesuai dengan permintaan customer. Kapasitas pan masak CVP Tongaat Hulett yang telah diinstal hingga saat ini bervariasi dengan kisaran 40 m3 hingga 350 m3.

Fitur Unik CVP Horisontal Tongaat Hulett :

  • Memiliki bentuk unik yang diapatenkan untuk meningkatkan sirkulasi sehingga meningkatkan pengambilan kristal gula dari larutan.
  • Dapat dioperasikan pada tekanan uap rendah sehingga meningkatkan penghematan uap.
  • Port transfer masakan antar kompartemen yang dipatenkan yang membantu aliran merata “plug flow” sehingga kualitas produk lebih baik.
  • Desain sistem uap jigger unik yang hemat energi.
  • Desain unik pengeluaran gas tak terembunkan yang secara otomatis membatasi jumlah gas tak terembunkan sehingga meningkatan penghematan uap. Tidak ada intervensi operator yang diperlukan untuk membuka atau menutup katup pengeluaran gas tak terembunkan.
  • Sistem kontrol dan valve yang mudah dioperasikan oleh operator dari platform kontrol.
  • Tidak ada kehilangan gula melalui entrainment karena entrainment separator terintegrasi.

CVP Vertikal dari Tongaat Hullet

Tongaat Hulett juga telah mengembangkan pan masak kontinyu model baru. Desain baru ini seperti pan batch yang terdiri dari dua atau lebih kalandria yang ditumpuk di dalam bejana silinder. Desain baru yang sudah dipatenkan ini diklaim menghasilkan sirkulasi dan efisiensi yang lebih baik dalam pengoperasian. Model pan masak vertikal baru ini juga disebut dengan Cylindrical Continuous Vacuum Pan (CCVP).

CVP Vertikal Tongaat Hullet

CCVP dapat digunakan bila suatu pabrik menginginkan memasang pan continuous tapi tidak memiliki tempat yang cukup. Sebagai gambaran sebuah CCVP dengan volume 120 m3 memiliki footprint dasar yang sama dengan pan batch volume 85 m3.

Desain CVP Tongaat Hulett telah dianugerahi Penghargaan Nasional AS&TS untuk Teknologi di Afrika Selatan dan Penghargaan Inovasi Insinyur Kimia dari Institut Afrika Selatan. CVP Tongaat Hulett sudah dipasang sebanyak ratusan ratusan unit yang tersebar di pabrik-pabrik gula di seluruh dunia mulai dari Afrika, Amerika, Eropa hingga Asia. Untuk wilayah Asia Tenggara, Tongat Hulett bekerjasama dengan Sutech Enginering Co., Ltd. yang berbasis di negara Thailand.

Ingin tahu lebih jauh tentang aplikasi CVP? silahkan hubungi kami disini atau melalui icon yang terletak di kanan bawah halaman ini.

Share this article:
Loading

SENDING

Your message was sent successful. Thanks.

REFRESH

Don't wait until tomorrow. Talk to one of our consultants today and learn how to start leveraging your business.

Kami membutuhkan beberapa informasi penting untuk lebih memahami bagaimana kami dapat membantu Anda dengan cara terbaik.

Tell us a little about the project you need to create. This is valuable so that we can direct you to the ideal team.

  • Identitas Anda
  • Perkiraan Budget
  • Service Setup
error: Alert: Content is protected !!